Senin, 12 November 2012

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN


KATA PENGANTAR

      Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pengelola Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru dapat menyelesaikan Laporan dan Penyusunan Rencana Kerja Perpustakaan tahuan 2012-2013.
     Sesuai dengan maksud dan tujuan perpusakaan yaitu sebagai sarana penunjang pelaksanaan kegiatan  proses belajar mengajar yang tidak bisa dipisahkan  dengan kegiatan belajar itu sendiri. Salah satu tujuan perpustakaan adalah menyediakan bahan pustaka untuk memenuhi kebutuhan anak didik dan pendidik.
   Guna meningkatkan mutu pendidikan serta pemanfaatan sarana penunjang yang terdapat dalam perpustakaan. Maka laporan dan penyusunan rencana kerja kami buat seefisien dan sesederhananya
Walaupun dalam laporan  dan penyusunan rencana kerja perpustakaan  ini kurang sempurna  kami telah berusaha dengan maksimal tetapi kami menyadari keterbatasan seseorang. Oleh sebab itu kami mengharapkan saran yang dapat membantu dan menambah wawasan.

Pekanbaru, 25 Agustus 2012



Pengelola Perpustakaan
SMAN 10 Pekanbaru



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?
Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.


B. VISI DAN MISI

VISI

Menjadikan perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru sebagai pusat layanan informasi yang berbasis ICT dan IPTEK sebagai sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar  yang terdepan sebagai investasi sumber daya pengetahuan yang tinggi, lengkap dan professional dalam memberikan layanan kepada civitas akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi misi serta suksesnya program SMAN 10 Pekanbaru.

MISI

  •          Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia;
  •         Pengembangkan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik;
  •         Pengembangan Layanan layanan prima berbasis internet;
  •         Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
  •         Mengelola informasi serta menyebarluaskan informasi
  •        Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
  •         Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
  •         Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;


C.    LANDASAN

Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna disetiap sekolah menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :
1.      Keputusan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok kebijakan Pembinaan   dan pengembangan perpustakaan sekolah di Indonesia
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem  pendidikan Nasional;
3.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
5.      Surat Keputusan Kepala SMAN 10 Pekanbaru Nomor………Tahun……………...tentang pengangkatan kepala Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru Tahun 2012/2013


D.    MAKSUD DAN TUJUAN

Dengan melihat latar belakang maka maksud dan tujuan perpustakaan sekolah diselenggarakan untuk :
  • Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sector kehidupan;
  • Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
  • Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
  • Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
  • Memupuk dan mengembangkan minat dan bakan siswa;
  • Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
  • Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri;


E.     FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMAN 10 Pekanbaru, perpustakaan sekolah berfungsi:

  •  Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan  penggunaannya;
  • Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMAN 10 Pekanbaru
  • Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
  • Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
  • Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.


F.     RUANG LINGKUP

Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru, ruang lingkup sekolah antara lain :
1.          Administrasi
2.          Pengadaan Sarana / Prasarana
3.          Operasional
4.          Laporan

G.    SUMBER DANA

Untuk mengembangkan perpustakaan perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk pengembangan perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru antara lain :

  •             RAPBS tahun 2012-2013;
  •       Subsidi dana SKM 2012-2013;
  •       Siswa baru tahun 2012-2013;
  •        Bantuan alumni 2012-2013;
  •        Pemerintah, lembaga swasta, penerbit dll. yang tidak mengikat;


H.    PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMAN 10 PEKANBARU

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

H.1. Program jangka Pendek

  1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
  2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
  3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga memudahkan penggunaannya;
  4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
  5. Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana; 
  6.  Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
  7. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
  8. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
  9. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
  10. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog OPAC, katalog buku, dll;
  11. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
  12. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
  13.  Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
  14. Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
  15. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.


H.2. Program Jangka Panjang

  1. Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
  2. Menerapkan E-Library learning;
  3. Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1500 judul dengan 15.000.000 eks pada tahun 2015;
  4. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.




BAB II
KONDISI OBYEKTIF ORGANISASI

A.   STRUKTUR ORGANISASI

Stuktur Organisasi
Perpustakaan SMA Negeri 10 Pekanbaru

  • KEPALA SEKOLAH                  :  AZMI HAS.S.Pd
  • KEPALA PERPUSTAKAAN      :  Dra. ERMAYANI
  • STAF BAG.TEKNIS & ADM       :  DZIKRULLAH, FITRIANI,S.T
  • STAF BAG.PELAYANAN           :  Dra. IRNAWATI, ELDA JULIANTY,S.Pd



TUGAS MASING-MASING BAGIAN DALAM SISTEM
ORGANISASI PERPUSTAKAAN

I.         KEPALA  SEKOLAH
Ø  Bertugas dan bertanggungjawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran  yang telah diprogramkan.

II.      KEPALA BAGIAN PERPUSTAKAAN :
a.      Bertugas dan bertanggungjawab tentang penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b.      Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah.
c.       Menetapkan kebijakan intern yang khusus dalam bidangnya.
d.      Pembuatan program / perencanaan.
e.       Membuat laporan dsb.

III.   BAGIAN TEKNIS & ADMINISTRASI
Bertugas mengadakan pengadaan  bahan pustaka dan pengolahannya :
Ø  Administrasi Surat-Menyurat
Ø  Menginventaris Koleksi dan Sarana Perpustakaan
Ø  Membuat Katalogisasi deskriptif.
Ø  Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan
Ø  Menginput data di Komputer
Ø  Penyelesaian koleksi
Ø  Perencanaan dana dan penggunaannya.
Ø  Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPAC

IV.   BAGIAN PELAYANAN
Bertugas mengadakan pekerjaan pelayanan sirkulasi :
Ø  Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
Ø  Pelayanan referensi.
Ø  Pelayanan jam perpustakaan.
Ø  Menyiapkan buku  tamu, buku penunjang, dan buku induk dll.
Pekanbaru, 25 Agustus 2012             
                     Mengetahui
Kepala Sekolah SMAN 10 Pekanbaru                                          Kepala Perpustakaan


                 AZMI HAS, S.Pd                                                              Dra. ERMAYANI
     NIP :195808101982031009                                                    NIP : 196504031993032003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar