KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan
puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga pengelola Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru dapat menyelesaikan Laporan
dan Penyusunan Rencana Kerja Perpustakaan tahuan 2012-2013.
Sesuai dengan maksud dan tujuan perpusakaan yaitu
sebagai sarana penunjang pelaksanaan kegiatan
proses belajar mengajar yang tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan belajar itu sendiri. Salah
satu tujuan perpustakaan adalah menyediakan bahan pustaka untuk memenuhi
kebutuhan anak didik dan pendidik.
Guna meningkatkan mutu pendidikan serta pemanfaatan
sarana penunjang yang terdapat dalam perpustakaan. Maka laporan dan penyusunan
rencana kerja kami buat seefisien dan sesederhananya
Walaupun dalam laporan dan
penyusunan rencana kerja perpustakaan
ini kurang sempurna kami telah
berusaha dengan maksimal tetapi kami menyadari keterbatasan seseorang. Oleh sebab
itu kami mengharapkan saran yang dapat membantu dan menambah wawasan.
Pekanbaru,
25 Agustus 2012
Pengelola
Perpustakaan
SMAN
10 Pekanbaru
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung
pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan
tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan
pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam
penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu
sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah
perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu
tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran
perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang
tepat dan cepat sehingga fungsi
perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah
tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang
profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi
kebutuhan penggunanya akan berbagai
pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini.
Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus)
dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan
terutama kepala sekolah sebagai stake
holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?
Perpustakaan
sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi
dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua
pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi
perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku
bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM.
Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.
Dari berbagai
sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru berupaya melakukan
terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk
mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang
direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan
sekolah sebagai center of knowledge dapat
terealisasi secara optimal.
B. VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru sebagai pusat layanan informasi yang berbasis ICT dan IPTEK sebagai sumber belajar warga
sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar yang terdepan sebagai investasi sumber
daya pengetahuan yang tinggi, lengkap dan professional dalam memberikan layanan
kepada civitas akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi misi serta suksesnya program
SMAN 10 Pekanbaru.
MISI
- Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia;
- Pengembangkan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik;
- Pengembangan Layanan layanan prima berbasis internet;
- Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
- Mengelola informasi serta menyebarluaskan informasi
- Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
- Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
- Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;
C. LANDASAN
Terwujudnya perpustakaaan sekolah
yang berdaya guna dan berhasil guna disetiap sekolah menjadi pusat kegiatan
belajar mengajar, terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca
untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah
sebagai landasan antara lain :
1. Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok
kebijakan Pembinaan dan pengembangan
perpustakaan sekolah di Indonesia
2. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional;
3. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan;
4. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
5. Surat Keputusan
Kepala SMAN 10 Pekanbaru Nomor………Tahun……………...tentang pengangkatan kepala
Perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru Tahun 2012/2013
D.
MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan
melihat latar belakang maka maksud dan tujuan perpustakaan sekolah
diselenggarakan untuk :
- Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sector kehidupan;
- Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
- Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
- Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
- Memupuk dan mengembangkan minat dan bakan siswa;
- Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
- Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri;
E.
FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah
berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian
sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan
kurikulum yang diterapkan di SMAN 10 Pekanbaru, perpustakaan sekolah berfungsi:
- Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
- Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMAN 10 Pekanbaru
- Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
- Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
- Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
F.
RUANG LINGKUP
Untuk
memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya Perpustakaan SMAN
10 Pekanbaru, ruang lingkup sekolah antara lain :
1.
Administrasi
2.
Pengadaan
Sarana / Prasarana
3.
Operasional
4.
Laporan
G.
SUMBER DANA
Untuk
mengembangkan perpustakaan perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk
pengembangan perpustakaan SMAN 10 Pekanbaru antara lain :
- RAPBS tahun 2012-2013;
- Subsidi dana SKM 2012-2013;
- Siswa baru tahun 2012-2013;
- Bantuan alumni 2012-2013;
- Pemerintah, lembaga swasta, penerbit dll. yang tidak mengikat;
H.
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMAN 10 PEKANBARU
Rencana kerja perpustakaan sekolah
yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada
tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal
ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan
belajar mengajar yang efektif dan efisien.
H.1. Program
jangka Pendek
- Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
- Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
- Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga memudahkan penggunaannya;
- Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
- Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
- Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
- Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
- Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
- Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
- Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog OPAC, katalog buku, dll;
- Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
- Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
- Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
- Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
- Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.
H.2. Program
Jangka Panjang
- Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
- Menerapkan E-Library learning;
- Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1500 judul dengan 15.000.000 eks pada tahun 2015;
- Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
BAB II
KONDISI OBYEKTIF ORGANISASI
A.
STRUKTUR ORGANISASI
Stuktur Organisasi
Perpustakaan
SMA Negeri 10 Pekanbaru
- KEPALA SEKOLAH : AZMI HAS.S.Pd
- KEPALA PERPUSTAKAAN : Dra. ERMAYANI
- STAF BAG.TEKNIS & ADM : DZIKRULLAH, FITRIANI,S.T
- STAF BAG.PELAYANAN : Dra. IRNAWATI, ELDA JULIANTY,S.Pd
TUGAS MASING-MASING BAGIAN DALAM SISTEM
ORGANISASI PERPUSTAKAAN
I.
KEPALA
SEKOLAH
Ø Bertugas dan bertanggungjawab penuh atas
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran
yang telah diprogramkan.
II.
KEPALA BAGIAN PERPUSTAKAAN :
a. Bertugas dan bertanggungjawab tentang
penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b. Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja
dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah.
c. Menetapkan kebijakan intern yang khusus
dalam bidangnya.
d. Pembuatan program / perencanaan.
e. Membuat laporan dsb.
III.
BAGIAN TEKNIS & ADMINISTRASI
Bertugas mengadakan
pengadaan bahan pustaka dan
pengolahannya :
Ø Administrasi Surat-Menyurat
Ø Menginventaris Koleksi dan Sarana
Perpustakaan
Ø Membuat Katalogisasi deskriptif.
Ø Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan
Ø Menginput data di Komputer
Ø Penyelesaian koleksi
Ø Perencanaan dana dan penggunaannya.
Ø Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPAC
IV.
BAGIAN PELAYANAN
Bertugas mengadakan pekerjaan
pelayanan sirkulasi :
Ø Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
Ø Pelayanan referensi.
Ø Pelayanan jam perpustakaan.
Ø Menyiapkan buku tamu, buku penunjang, dan buku induk dll.
Pekanbaru, 25 Agustus 2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMAN 10 Pekanbaru Kepala
Perpustakaan
AZMI HAS, S.Pd Dra. ERMAYANI
NIP :195808101982031009 NIP : 196504031993032003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar